Rabu, 19 Juni 2013

Inspiring Qur’an "Q114" Life Management

Inspiring Qur’an , Q114 Life Management
“Hikmah dan Inspirasi urutan 114 surat Al Qur’an”
 (Pengantar)
Mei 2013


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh
Ba’da tahmid wa shalawat
Tulisan ini merupakan renungan Hikmah & Inspirasi Qur’an untuk manajemen kehidupan di segala bidang mulai dari pribadi, keluarga, organisasi dst. Inspirasi Qur’an Q114, sbb :

1. Awal, memahami dan manajmen perubahan membuka kesadaran.
Inspirasi: Wahyu pertama Al Qur’an : ..Bacalah..

2. Langkah-langkah sukses dalam memanejemeni kehidupan.
Inspirasi : Surat Pertama Al Qur’an : Al Fatihah ..Pembuka sukses

3. Perilaku sukses dan perjalanan menjalani kehidupan.
Inspirasi : urutan 114 surat Al Quran : Menang dalam perjalanan kehidupan

4. Menjaganya (agar terus selamat dan sukses), kepemimpinan.
Inspirasi : Surat terakhir yaitu Al Falaq + AnNas : Penutup, berlindung

5. Meningkatkan sukses kebaikan yang berkelanjutan.
Inspirasi : Wahyu terakhir (QS, Al Maidah :3): syukur & terus meningkatkan sukses dunia dan akherat

Lima pilar diatas dapat di ilustrasikan seperti Gb. QSukses Way, dibawah ini :
 Inspirasi urutan 114 Surat Al Qur’an (Qsukses Way)



 
Q 114  Way:  





Gb. QSukses way, Gerak  sukses dalam  kehidupan  layaknya thawaf.

1.    Pelajaran Al Qur’an, dari wahyu pertama ”Iqro” yang menjadi arahan awal  dalam membaca kehidupan. Membaca ”iqro” ayat qauliyah dan kauniyah mendapatkan kesadaran wacana sukses (nikmat) yang Allah berikan kepada manusia, kesadaran yang membuat kita semakin bersyukur atas limpahan karunia nikmat. Hal ini akan membuat kita berubah untuk semakin bersyukur yakin dan semakin tunduk sujud dan mendekat kepada Allah SWT. Inilah kesadaran Tauhid. Hal tersebut kita sebut sebagi proses menjadi pembelajar selanjutnya akan menghasilkan kesadaran dan perubahan.

2. Al Fatihah membuka jalan sukses dan harus menjadi komitmen dalam menjalani kehidupan. Ummul kitab yang dijabarkan dalam seluruh surat Al Qur’an (2).Membaca Al Qur’an, diawali dengan pembuka Al Fatihah. Dengan berbasis surat Al Fatihah mendapatkan inspirasi 7 pembuka sukses, menemukan rumus sukses. Kerangka fikir yang membuka jalan agar manusia mengikuti petunjuk sukses.  Selanjutnya aplikasi dari pembuka sukses Al Fatihah dijabarkan dalam ayat-ayat Al Qur’an. Mari kita komitmen dengan menghujamkan langkah pembuka sukses. Dimulai dari meraih Visi, Menyadari dan melejitkan potensi, Mengambil Peluang dan menciptakan peluang sukses. Lalu Senanriasa memotivasi diri kita, meneguhkan peran dan Misi Kita. Lalu membuat Strategi & Perencanaan diri meraih sukses. Akhirnya semua harus kita wujudkan dengan Bergerak. Mewujudkan sukses pribadi dan akhirnya berada di puncak karir dengan keteladanan menggerakkan & menyukseskan orang lain dalam rangka melestarikan dan memasalkan Sukses.

3. Al-Baqaroh langkah awal menjalani kehidupan penuh berkah kebaikan taqwa, Perjalanan kehidupan adalah ujian dan perjuangan mencapai kesuksesan kebahagiaan yang hakiki dengan panduan dan penjabaran Al Qur’an dan Tuntunan Sunnah Rasul, Bergerak, Total Action melaksanakan Al Qur’an dan tuntunan Rasulullah SAW. Dimulai dari menentukan ukuran kebenaran hakiki (Al Qur’an) & menentukan ukuran orang sukses. Total action tersebut tergambar dalam Rukun Iman, Rukun Islam dan Ihsan. Untuk mewujudkan sebagai manusia yang Hanif, Sholeh dan Taqwa. Dalam bahasa manajemen menjadi orang profesional, yaitu bekerja dengan kekuatan keyakinan, kekuatan amal dan kekuatan kualitas. Kemenangan didapatkan karena pertolongan Allah tasbih dan istigfar senantiasa terhujam dalam ucapan dan tindakan sukses hingga akhirnya seluruh langkah terwujud dalam keikhlasan yang terangkum dalam Al-Ikhlas.

4. Al-Falaq dan Annas menutup dengan perlindungan total, perlindungan yang senantiasa kita mohonkan kepada Allah SWT. Hakikatnya sukses yang diraih harus dipertahankan, diperlukan konsistensi dari setiap amal. Menjadi pemimpin dan menjalankan amanah sebagai khalifah di bumi yang dilandasi oleh panduan yang meyakinkan, yang bersandar pada nilai2 yang diyakini. Ikhtiar optimal kemudian tawaqal kepada Allah SWT pemilik segala kekuasaan. Allah tempat menggantungkan harapan dan tempat berlindung dari segala penyebab kegagalan baik eksternal maupun dari internal diri kita sendiri dari godaan syetan dan nafsu.

5. Wahyu terakhir, jaminan kesempurnaan dan arahan bahwa sukses harus ditingkatkan, Insya Allah hari esok lebih baik dari hari ini dan hari ini lebih baik dari kemarin. Peningkatan sukses yang berkelanjutan dangan bersyukur. Berusaha untuk lebih baik adalah upaya agar sukses selalu berlipat, lestari dan masal. agar Sukses nikmat berkelanjutan dunia akherat.


2 komentar: